hide

Read Next

Kerinduan Segala Zaman Bab-11 Yesus Dibaptiskan

Diskusi Bab-11 Yesus Dibaptiskan

Audiobook Bab-11 Yesus Dibaptiskan

Bab-11 YESUS DIBAPTISKAN

Alternatif lain bernama 'Joko Widodo'

On Sui Generis

Selamat malam, pak Jokowi.

Perkenalkan, nama saya Aldo Marchiano. Usia saya 22 tahun, dan kini status saya adalah pengangguran. Bukan karena saya tidak ingin bekerja, pak, namun karena saya ingin terlebih dahulu mencari kesempatan untuk dapat melanjutkan studi S-2. Mohon doanya, pak.

Dalam tulisan ini, saya ingin mengekspresikan dukungan saya kepada bapak sebagai calon presiden (capres) Republik Indonesia. Pertanyaan yang coba saya jawab sebenarnya sangat sederhana, yakni “Mengapa Jokowi?”

Mungkin bapak sudah seringkali mendengar perihal ‘Jokowi Effect’ (Efek Jokowi). Telah banyak media yang menganalisa, membicarakan, serta menjelaskan definisi dari efek ini. Tidak hanya di dalam negeri, namun di tingkat internasional pun efek ini dibahas, pak. Ada yang berkata bahwa figur bapak memberikan implikasi positif untuk mendongkrak raihan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada pemilu legislatif yang lalu. Ada pula yang meyakini bahwa figur bapak membawa sentimen positif pada sektor ekonomi karena latar belakang bapak sebagai pengusaha dan track record bapak yang bersih dari praktik-praktik korupsi. Namun perihal benar ataupun salah argumen-argumen yang diajukan, itu tergantung perspektif saja menurut saya, pak. Tergantung bagaimana aktor-aktor dibelakang hangatnya diskusi yang berjalan meyakini pengaruh yang bapak miliki.

Namun, ada efek lain yang saya khawatirkan muncul di tengah derasnya arus kompetisi antar capres tahun 2014 ini, pak. Efek yang saya maksud tidak semata-mata diasosiasikan secara eksklusif dengan bapak seperti ‘Jokowi Effect’, namun juga dengan bapak Prabowo selaku capres RI tahun 2014. Efek apakah yang saya maksudkan?

Rendering New Theme...